Tausiyah Islami

Berbagi ilmu dan pengetahuan tentang Islam

Bayi Keluarga Miskin Butuh Bantuan

Subhanallah. Putri Triwahyuni, terlahir tujuh hari lalu, dengan benjolan besar diatas kepalanya. Kondisi bayi dari pasangan keluarga miskin, Ece Komarudin, 38 dan Ny Ade, 35, warga Kp Cimuntuk, RT 02 RW 01 Desa/Kec Sukatani, Purwakarta, semakin melemah dan telah dirujuk ke RSHS Bandung pada Jumat (25/11/2011) sore.

Ayah dan ibu nahas tampak tak kuasa menyembunyikan kesedihan manakala harus menyaksikan anaknya yang baru berusia sepekan lalu terlahir dengan kondisi tak wajar. Diatas kepalanya terdapat benjolan yang ukurannya lebih besar dari kepalanya.
Diungkapkan Ece, Putri terlahir secara prematur dengan usia kehamilan 8 bulan, dengan berat badan 2,5 kg. Akibatnya benjolan dikepala Putri, tubuhnya terus melemah diikuti penurunan berat badan. ” Kami belum tahu, benjolan dikepala Putri itu, jenis penyakit apa? Karena berbeda dengan kasus hidrocepallus yang mengalami pembengkakak pada kepala. Kasus pada Putri ini, muncul benjolan diatas kepala,” jelas Ece, di RSUD Bayu Asih Purwakarta.

Putri telah menjalani perawatan medis di RSUD Bayu Asih,Purwakarta,selama tiga hari. Pada Jumat (25/11) kemarin, RSUD Bayu Asih merujuk Putri ke RSHS Bandung untuk penanganan lanjutan berbekal kartu jampersal. “Kami pun sempat terganjal syarat administrasi di Bayu Asih sehingga terlambat dirujuk ke Bandung,” imbuhnya.

Kendala tersebut lantaran kelurga Putri belum memiliki Kartu Kelurga (KK). Padahal, KK diketahui menjadi prasyarat penting untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis, khususnya bagi warga miskin. Selain itu, perbedaan pemahaman antara pihak rumah sakit, Dinas Kesehatan dan Pihak Askes terkait aturan teknis klaim menjadi kendala tersendiri. Keluarga korban bahkan hingga sempat harus bolak-balik ke tiga intansi tersebut sekedar untuk mendapat kepastian bahwa korban layak mendapat pelayanan kesehatan gratis. Dan hal ini pula yang menjadikan korban sempat tertahan lama di RSUD. “Tiga intansi sempat beda pendapat, layanan kesehatan bagi anak ini masuk program jampersal atau jamkesmas,” ungkap Deden, tetangga korban, Sabtu (26/11/2011).

Setelah berkonsultasi kesana sini, tiga hari kemudian korban akhirnya sukses dirujuk menggunakan layanan program jampersal (Jaminan Persalinan).

Setibanya di RSHS Bandung, pihak rumah sakit tidak bisa langsung menyimpulkan jenis penyakit/kelainan yang diderita korban. Keluarga korban pun diminta lebih bersabar. Untuk mengetahuinya, sejumlah dokter spesialis dilibatkan dalam penanganannya. Dimulai dari dokter spesialis anak, syaraf, penyakit dalam dan yang lainnya. Namun tetap saja diagnosa pastinya belum mereka dapatkan. Berdasarkan hasil pemeriksaan awal terlihat pada bagian dalam benjolan tersebut berisi cairan. “Sempat dipotret oleh dokter dan didalamnya nampak berisi cairan,” ungkap staf di kantor Desa Sukatani itu.

Sementara ayah korban, lanjut Deden, ia tidak henti-hentinya menangis karena tidak tega melihat kondisi anak ketiganya itu. Ia bahkan mengaku pasrah dan menyerahkan sepenuhnya penanangan kesehatan anak perempuannya itu ke pihak dokter. “Saya serahkan semuanya ke pihak dokter. Yang penting anak saya bisa dirawat dan diupayakan sembuh,” ucap Deden menirukan keinginan Ece. Sementara ibu korban hingga kini belum diberi kabar detil terkait kondisi Putri yang sebenarnya, menyusul kondisinya masih lemah pasca melahirkan.
Putri,lahir senin (22/11) lalu dengan persalinan normal. Bayi tersebut tergolong prematur karena lahir d iusia kandungan baru delapan bulan. Fisiknya pun cukup kecil dibanding ukuran bayi pada umumnya yakni panjang hanya sekitar 45 cm dengan berat badan kurang dari 2,5 kg plus benjolannya. Orang tua korban yang berasal dari kalangan keluarga tidak mampu kini sangat berharap ada bantuan baik dari pemerintah maupun dermawan untuk membantu membiayai pengobatan putri kesayangannya itu.

sumber : poskota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 29 November 2011 by in Peristiwa and tagged .

Kolom Rejeki

Kaos Satuan

Kolom Usaha

Kamus Islam

Tafakur = Perenungan diri
Iitiqomah = Ikhlas
Istighfar = Memohon ampunan kepada Allah
Mustahiq= Golongan yang Berhak Menerima
Zakat = Harta yang Wajib dikeluarkan
Fakir = Sengsara Hidupnya
miskin = Orang yang hidupnya kekurangan
Amil = Orang yang mengumpulkan dana
Muallaf = Orang yang masuk Islam
Hamba sahaya = Orang yang di sebut budak
Gharimin = Orang yang berhutang untuk keluarga
Fisabilillah = Orang yang berjuang di jalan Allah
Ibnu sabil = Orang asing yang tidak memiliki biaya untuk kembali ke tanah airnya

Kaos Satuan

Ruang Tutorial

eBook Store

Galeri eBook harga mulai Rp.10ribu

Kolom Berita

Tembang Islami

Doa Kita

Doa melancarkan rezeki: Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil 'aliyyil 'adziim (Dibaca 100x tiap malam)

Ayo Mengaji

Bacalah (Iqra’)

Doa Harian

DOA MEMOHON AMPUNAN DAN RAHMAT ALLAH

"Robbanaa dholamnaa anfusanaa wa ilam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal khaasirin"

"Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi".
(QS; 7; Al A'raaf; 23)

Jadwal Shalat


Kalendar Islam

Hari-hari Penting Islam 2015
__________________
Maulid Nabi Muhammad SAW (3 Januari 2015)
Bulan Rajab (20 April 2015)
Hari Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW (16 Mei 2015)
Bulan Suci Ramadhan 1436 (18 Juni 2015)
Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriyah (17-18 Juli 2015)
Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah (24 September 2015)

Kaos Satuan

Kata-kata Hikmah

Tidak akan terputus rejeki seseorang selama ia tidak meninggalkan doa kepada kedua orang tuanya. Yakini itu dengan keimanan.

Mutiara Hadist

Sesungguh-nya puasa dan bacaan Al Quran memberikan syafaat kepada pelakunya pada hari kiamat - Hadist riwayat Ahmad -

Tausiyah Singkat

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.”
(HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470).

Baca & Doa Selengkapnya'

Kata Ustadz

Yusuf Mansur Network

PAKAIAN SHALAT PAKAIAN KEHIDUPAN - Wahai saudariku, ketika engkau mendirikan shalat menghadap Allah swt tentu engkau berpakaian lebar dan panjang. Engkau tentu tidak berani berpakaian ketat dan pendek. Engkau tentu tidak berani menampakkan sebagian atau seluruh bagian auratmu, atau menampakkan bentuk lekuk-lekuk tubuhmu. Demikian juga halnya di dalam kehidupan sehari-hari di luar (selain) shalat, tentu engkau pasti tidak berani menentang Allah dan Rasul-Nya. Engkau tahu dan paham, ajaran Islam termasuk cara berbusana tidak hanya diamalkan ketika shalat saja, tapi harus diamalkan dalam segala aktivitas kehidupan. Kata Ustadz Selengkpanya'

Mari Bersilaturahmi

Yang Bersilaturahmi

  • 811,466 hits

Silaturahmi lewat email

Bergabunglah dengan 1.022 pengikut lainnya

Follow Tausiyah Islami on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: