Tausiyah Islami

Berbagi ilmu dan pengetahuan tentang Islam

Fadhilah dan Khasiat Surat Waqi’ah (Surat Pembuka Rejeki)

Surat Al-Waqi’ah adalah salah satu yang dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rejeki bagi siapa saja yang membacanya dengan rutin. 

Surat Al Waqiah adalah surat ke 56 terdiri dari 96 ayat, 3 ruku, diwahyukan di Mekah setelah surat Thoha, bagian dari juz 27.

Dalam beberapa riwayat, diungkapkan bahwa Rosulullah bersabda:

  1. Barangsiapa membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka kemiskinan tidak akan menimpa dirinya untuk selamanya.
  2. Surat Al-Waqi’ah adalah surat kekayaan, maka bacalah surat itu dan ajarkan kepada anak-anak kalian.
  3. Ajarkanlah istri kalian surat Al-Waqi’ah, karena sesungguhnya surat itu adalah surat kekayaan.

Dengan melihat kedudukan surat Al-Waqiah yang sedemikian besar khasiatnya untuk mendatangkan rejeki bagi kita, marilah mulai sekarang membacanya secara rutin setiap hari atau setiap malam. Karena memang surat itu penuh berkah dan mengundang kekayaan serta mengusir kemiskinan bagi siapa saja yang mau secara rutin membacanya.

Sabda Rasulullah s.a.w.: “Siapa membaca surah Al-Waqi’ah setiap hari, ia tidak akan ditimpa kefakiran.”

Sabda Rasulullah s.a.w. : “Siapa membaca surah Al-Waqi’ah setiap malam, dia tidak akan ditimpa kesusahan atau kemiskinan selama-lamanya. (Diriwayatkan oleh Baihaqi dari Ibnu Mas’ud r.a.)
Sabda Rasulullah s.a.w. : “Ajarkanlah surah Al-Waqi’ah kepada isterimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)
Sabda Rasulullah s.a.w. : “Barang siapa yang membaca surah Al-Waqi’ah setiap malam maka dia tidak akan tertimpa kefakiran dan kemiskinan selamanya. Dan surah Al-Waqi’ah adalah surah kekayaan, maka bacalah ia dan ajarkan kepada anak-anakmu semua.”
Menurut fatwa sebahagian Ulama’ katanya: “Barangsiapa membaca surah Al-Waqi’ah pada setiap hari dan malam dalam satu majlis sebanyak 40 kali, selama 40 hari pula, maka Allah akan memudahkan rezekinya dengan tanpa kesukaran dan mengalir terus dari pelbagai penjuru serta berkah pula.”
Surah Al-Waqi’ah adalah surah yang ke -56 di dalam Al-Quran, terletak pada juzuk ke 27 dan terdiri dari 96 ayat. Dinamakan Al-Waqi’ah kerana di ambil dari lafal Al-Waqi’ah yang terdapat pada ayat pertama surah ini, yang ertinya kiamat.
Di dalam surah Al-Waqi’ah ini menerangkan tentang hari kiamat, balasan yang diterima oleh orang-orang mukmin dan orang-orang kafir. Diterangkan pula penciptaan manusia, tumbuh-tumbuhan, dan api, sebagai bukti kekuasaan Allah dan adanya hari berbangkit.
Di dalam surah Al-Waqi’ah terkandung beberapa khasiat, antara lain:
  • Bila orang membiasakan membaca surah ini setiap malam satu kali, maka dia dijauhkan dari kemiskinan selamanya.
  • Bila di baca 14 kali setiap selesai solat Asar, maka orang yang membacanya itu akan memperoleh kekayaan yang berlimpah ruah.
  • Jika di baca surah ini sebanyak 41 kali dalam satu majlis (sekali duduk), insyaAllah di tunaikan segala hajatnya khususnya yang berkaitan dengan rezeki.
  • Supaya menjadi orang yang kaya sentiasa bersyukur, amalkan membaca surat ini sebanyak 3 kali selepas solat subuh dan 3 kali selepas solat Isya’. InsyaAllah tidak akan berlangsung lama setahun itu akan di jadikan seorang yang hartawan lagi dermawan.
  • Amalan orang-orang sufi, supaya dilimpahkan rezeki. Hendaklah berpuasa selama seminggu bermula pada hari Jumaat. Setiap selepas solat fardhu bacalah Surah Al-Waqi’ah ini sebanyak 25 kali sehinggalah sampai pada malam Jumaat berikutnya; pada malam Jumaat berikutnya itu, selepas solat Maghrib bacalah surah ini sebanyak 25 kali, selepas solat Isya’ bacalah surah ini sebanyak 125 kali diikuti dengan selawat keatas Nabi sebanyak 1000 kali. Setelah selesai, hendaklah ia memperbanyakkan sedekah. Kemudian amalkanlah surah ini sekali pada waktu pagi dan petang. Insya’Allah berhasil.
  • Surah ini jika dibaca disisi mayat atau orang yang sedang nazak, Insya Allah di permudahkan untuk roh keluar dari jasadnya. Jika dibaca disisi orang sakit, diringankan kesakitannya. Jika di tulis, kemudian dipakaikan kepada orang yang hendak bersalin, InsyaAllah segera melahirkan dengan mudah. Boleh juga dibaca disisi orang yang hendak bersalin sebagai selusuh.
Menurut As’Syeikh Abi’l Abbas katanya:
  • Bila hendak mengamalkan surah Al-Waqi’ah ini, terlebih dahulu berpuasa selama 7 hari, di mulai pada hari Jumaat berakhir pada hari Kamis. Puasanya “tidak memakan sesuatu yang bernyawa seperti  ikan, daging, segala hewan, hanya makan sayur-sayuran saja.
  • Dalam 7 hari itu, sesudah solat fardhu, membaca surah Al-Waqi’ah sebanyak 25 kali. Apabila bacaan tersebut di mulai setelah solat fardhu Subuh pada hari Jumaat pertama, maka diakhiri bacaan Al-Waqi’ah itu pada setelah fardhu Isya’ pada Jumaat berikutnya.
  • Pada malam Jumaat terakhir ini hendaklah membaca surah Al-Waqi’ah sebanyak 125 kali kemudian sholawat 1000 kali.
Insya’Allah, dengan mengamalkan ia akan menjadi orang kaya
Selamat Membaca
About these ads

36 comments on “Fadhilah dan Khasiat Surat Waqi’ah (Surat Pembuka Rejeki)

  1. suwali
    14 September 2012

    the nice knowledge

  2. andy
    21 Oktober 2012

    semua yang diajarkan disitu adalah sesat, marilah kita menjalankan ibadah sesuai ajaran rasulullah, segala sesuatu ibadah yang tidak pernah diajarkan oleh rasulullah adalah sesat

    • cakblend
      1 Desember 2012

      lah itu kan ada hadist nya coy …!!

    • andre
      14 Desember 2012

      Mas Andy… maaf, Apakah semua ilmu milik Allah sudah Kita kuasai? Apakah semua Ayat Al Qur’an dan semua hadist, semua ajaran rosulullah, sampai dengan asbabul nuzulnya sudah semua Kita pahami? Dengan kata lain, maaf, apakah semua ilmu Kita sebanyak/setingkat ilmu Rosululloh??? Tentu TIDAK.
      Namun, mengapa mudah menghukumi sesuatu itu sesat?
      Seorang dokter specialist pun mengakui kelebihan dokter (specialist) yang lain.
      seorang ahli hadist mengakui kealiman seorang ahli qur’an,
      seorang ahli Qur’an juga mengakui kealiman seorang ahli fiqih,
      seorang ahli fiqih pun mengakui kelebihan seorang ahli hikmah, dan seorang ahli hikmah pun mengakui keahlian seorang tukang pijit… Meraka saling membutuhkan dan mungkin berkonsultasi serta minta bantuan sebagaimana mestinya…
      Sepengetahuan kami, Seorang Rosul juga merupakan seorang Nabi. Sebagai Rosul memang berkewajiban menyampaikan ajaran kepada umat. namun, sebagai pribadi seorang nabi, Beliau tidak berkewajiban menyampaikan sesuatu kepada semua umat, bisa jadi hanya kepada orang-orang tertentu. kisah Nabi Khidir mungkin bisa jadi bahan penambah wacana. Apakah salah, sebelum berbuat baik orang melakukan puasa sebagai proses upaya membersihkan hati dan jiwa terlebih dahulu? itu juga proses mendekatkan diri kepada Allah, sebelum kita melakukan ikhtiar untuk hajat kita. Masalah hari, dan jumlah, Allah memberikan rahasia-rahasia tertentu kepada orang yang dikehendaki-Nya. Kenapa ketika ruku dan sujud kita membaca doanya 3X, kenapa tidak lebih, misal 6 atau 11? kenapa bertasbih, tahmid dan takbir dalam dzikir setelah sholat, kenapa masing-masing 33X? kenapa tidak 22X atau 44X?
      Ada apa dengan jumlah-jumlah itu???
      Seorang dokter lebih tau dosis obat buat pasiennya, demikian pula dengan seorang guru (spiritual) tau cara “pengobatan” dan “dosis obat” untuk penyakit hati muridnya. semoga ini menjadi renungan… Dan tolong jelaskan lebih pernyataan Anda.
      Dia lah Allah Yang Maha Tahu…
      Kurang lebihnya, dan bila ada kata yang salah atau kurang berkenan dari Saya Mohon dimaafkan… Terimakasih

      • cinta rukyah
        11 Maret 2014

        saya hanya dapat menyarankan coba antum mengkaji lebih lanjut rukyah syariyah disana banyak kasus orang yang mengamalkan baccaan2 wirid yang overdosis waktu dirukyah bereaksi adanya gangguan jin.
        memang benar amalan yang tidak ada petunjuk nabi dan oversosis dimanfaatkan oleh jin.
        kalo berminat bergabung saja dengan komunitas rukyah syariah di fb banyak kok. kalo berminat kirim saja pesan ke fb q nanti tak kasih fbnya nara sumber peruqyah.

      • reo
        19 Mei 2014

        ini.amalan di.utamakan kpd.hamba Allah yg rajin baca quran.
        kalo.yg males.jelas.aja ga mau. apalagi sampe bilang sesat.
        baca quran kok.sesat….????
        jelas2.yg ga baca quran yg sesat fren…

    • anto
      17 Februari 2013

      anda yang sesat… sekarang saya tanya? Rosulullah apa pernah mengajarkan kita naik sepeda motor? trus mas andy sekarang pakai transportasi apa? onta????????? klo iya … baru komen “SESAT”…..

    • Jane Kudus
      4 Juni 2013

      bego’ sok keminter

    • pram
      24 Juni 2013

      ah keminter lo brow,,,,sok suci,,,,

  3. tuhtam
    17 November 2012

    andy.. gampang benar menvonis amalan seseorang sesat.
    anda dapat doktrin dari para ust wahabi ( kena VIRUS WAHABI)
    kalau gak mau ngamalin amalan ini jangan vonis sesat mas…
    apakah rosul ngajarin ente pake celana cingkrang ?
    apakah rosul ngajarin ente pake celana dalam yang ente pake..?
    ente bahlul and otak ente jumud, islam itu cerdas memiliki keluasan untuk berfikir ,masa sih kalau mau kemana mana harus NAIK ONTA
    pengen ngikutin rosul, ente takut SESAT kalau naik motor /mobil / pesawat karena rosul gak ngajarin ente naik motor /mobil /pesawat (CAPE ….DEH !!!!!)
    suatu ibadah yang rosul gak ajarain belum tentu sesat ..
    semua perbuatan yang dilakukan manusia (tidak bertentangan syariat) adalah ibadah.

    jangan hiraukan komentar wahabi yang jahil/batil yang gak tau makna ibadah itu apa.
    teruskan aja …..ini adalah ibadah insya Allah mendapat pahala.

  4. Achmad Rosyidul Umam
    23 Desember 2012

    TERIMA KASIH
    INSYAALLAH SAYA AMALKAN..

  5. faz
    5 Januari 2013

    absolutely like comment mas andre & mas tuhtam….setujuuuuuuuu

  6. mel
    1 Februari 2013

    itu dibaca seluruh ayat? 96 ayat itu? smpe 25 kali juga? wow.. kayak saya 1x tiap malem aja blm tentu bisa rutin. 96 ayat kn pnjang :)

    • ida
      14 Maret 2013

      Insyaallah mudah asal sungguh ingin mengamalkanya, walau 96 ayat ,tp ayatnya pendek2,

    • reo
      19 Mei 2014

      ketauan ga pernah baca quran ya?
      kalo yg sering baca al waqiah itu 7-8menit selesai mel

  7. Fathul Ahadi
    17 Februari 2013

    Terima kasih atas tulisannya..http://doamustajab.16mb.com

  8. MOEKHLIS
    23 April 2013

    aduuuuhhh…sesat??ga baik??ga sesuai sunnah??
    sebaiknya anda fikirkan dahulu dan cari hadist atopun dalil yang berazazkan nih semua adalah bathil baru anda memvonis…Rosulullah pun tidak memvonis seoran itu bathil atau tidak sebelum Beliau mendapat Firman dari Allah SWT…jangan seenaknya lah memvonis seseorang…terlalu banyak yang mengaku benar saat ini padahal kebenaran dan kebathilan sesungguhnya itu hanyalah milik Allah..kita sebagai hamba hanya mengkaji dan mengamalkan apa yang benar dan jauhi yang bathil…so do not be bullshit aja dengan mengatakan INI ADALAH SESAT!!!LEBIH BAIK ANDA KOREKSI DIRI ANDA DULU BARU MEMVONIS….terima kasih atas saran dari yang sudah menshare ini semua…

  9. Can7Pitu
    26 April 2013

    Saran brother Alangkah lebih baiknya tidak usah saling menggunjing antar sesama umat :D Kalo pun dirasa ada yang salah mbok ya setidaknya di kasi pengertian dahulu,di luruskan bukan malah dikasi gunjingan/dipojokkan seperti itu,taraf wawasan dan ilmu setiap manusia berbeda2,…….suwun sak dereng e,…..
    —————————————
    (Maaf, bila ada yang tidak berkenan dengan Komen saya Mohon diabaikan saja)

  10. efendy
    27 April 2013

    aduh mas andy kamu lahir dizaman ini ngerti bahasa arabpun tidak, apalagi bahasa Alquran, ahli Hadistpun tidak, ahli Fiqihpun tidak Ibadahpun masih amburadul, kok mulutmu gampang banget mengucap kata2 sesat, tanpa satu alasan yg kuat, lebih baik kamu diem aja deh, beranimu kan cuma dimedia internet ayo klo berani didunia nyata kamu bilang gitu, tak jamin kamu babak belur digebukin orang. tuk yg buat artikel trimakasih ini sangat bermanfaat.

  11. Ukhy
    28 April 2013

    Assalamualaikum
    saya ingin bertanya
    misalkan kita sdh melaksana hal teRsebut,,namun tanpa ada usaha yg tdk kita lakukan,apa ttp terkabulkan??
    Terimakasih

  12. yayis soffah
    28 April 2013

    insaallah saya coba amal kan..

  13. sumali
    2 Mei 2013

    saya setuju mas andre! sayapun pengen mengamalkan!

  14. Haris Indra Prabowo
    26 Mei 2013

    yang yakin dan percaya, silahkan diamalkan
    yang tidak, y g usah diamalkan

    gitu aj kok repot,
    ikuti kata hati masing- masing
    g usah saling menghina, at semua sama sama makhluk ALLAH

    • Tausiyah Islami
      1 Juni 2013

      setuju sekali mas bro ….. begitulah yang seharusnya … dijalankan juga mendapat pahala tidak usah berpikir yang macam2 …

  15. Jane Kudus
    4 Juni 2013

    pak andy bego’ tolol sok keminter juh hueeekz

  16. reza gunawan
    23 Juli 2013

    Jangan pd suuzon dlu mngkin maksud bung Andy yg “sesat” itu adnya pernyataan bahwa surat tsb digunakan u m’bntu persalinan dengan cara ditulis lalu d pakaikan oleh pasien, seakan-akan Al-Quran berfungsi sbg “jimat”. Pdhal “cara pakai” Al-Quran itu dibaca lalu dipahami maknanya. Smg Allah swt m’mbri hidayah kpd qt smua. Amiin….

  17. Andiprakoso
    1 Agustus 2013

    Waaaawaaah…….Di tertawakan orang kristen tuh……Sma2 Muslim ko adu argumentasi n coment tentang hal yg ngajak kebaikan……Peace bro…Malu….Am diri sendiri….Ap sdh pd pnya KARTU JAMINAN MASUK SURGA emangx….

  18. friesca
    5 September 2013

    mbak….mas…. tp hadis ini shahih kan ya???

  19. friesca
    5 September 2013

    aku amalin…..

  20. elly
    23 September 2013

    alhamdulillah………….sangat bermanfa’at

    • reo
      19 Mei 2014

      aq sdh amalkan dan brjln 1 bln . alhamdulillah dagangan semakin laris dan smakin kesini semakin nyata dan semakin yakin akan rahasia Allah.
      sy cm baca al waqiah selesai sholat fardu saja alhamdulillah berbuah kebaikan.

  21. ghozali
    6 Desember 2013

    sudah gak usa di ladeni si andi GOBLOK sok pinter anak baru kemarin aja belagu,..baca iQro aja belum lancar apalagi ngaji

  22. Wolupituu
    16 Juli 2014

    uda lah mas bro ga usah tengkar, tak baik

    • Tausiyah Islami
      18 Juli 2014

      Ambil sisi baiknya & positifnya … tidak ada larangan membaca ayat suci alquran …. biar ALlah SWT yang memutuskan kapan dapat anda rezeki, kalaupun belum datang minimal anda sudah dapat pahala karena membaca ayat ayat suci al Quran. Rezeki setiap orang berbeda-beda. Biarpun sudah berdoa dan berusha jika Allah belum memberikan doa kita jangan putus asa. 3I – Istiqomah, ikhtiar, Ikhlas tetap harus kita lakukan.

  23. indah
    29 Agustus 2014

    Orang yang gampang nuduh sesat dan kafir jelas wahabi

  24. rudi salam
    6 September 2014

    Jangan sembarangan bilang orang itu sesat!! Itu amalan tidak keluar dari rel rel islam sama skali, baca qur’an ko di bilang sesat, bang andy ini sbener nya agamanya apa?? Padahal di hadis udah di jlasin..malah rosul menawarkan! Jangan mrasa anda lebih bener sampai bilang orang itu sesat! Padahal anda itu cuma punya sedikit pengetahuan tentang islam tapi so pinter,kalau sudah kluar dari ajaran islam baru bisa di bilang sesat,sekalipun iya ustad kalau ajaran dia kluar dari agama islam baru itu namanya ustad sesat!! Wasalam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kolom Rejeki

Kolom Usaha

Kamus Islam

Tafakur = Perenungan diri
Iitiqomah = Ikhlas
Istighfar = Memohon ampunan kepada Allah
Mustahiq= Golongan yang Berhak Menerima
Zakat = Harta yang Wajib dikeluarkan
Fakir = Sengsara Hidupnya
miskin = Orang yang hidupnya kekurangan
Amil = Orang yang mengumpulkan dana
Muallaf = Orang yang masuk Islam
Hamba sahaya = Orang yang di sebut budak
Gharimin = Orang yang berhutang untuk keluarga
Fisabilillah = Orang yang berjuang di jalan Allah
Ibnu sabil = Orang asing yang tidak memiliki biaya untuk kembali ke tanah airnya

Ruang Tutorial

eBook Store

Galeri eBook harga mulai Rp.10ribu

Kolom Berita

Tembang Islami

Doa Kita

Doa melancarkan rezeki: Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil 'aliyyil 'adziim (Dibaca 100x tiap malam)

Ayo Mengaji

Bacalah (Iqra’)

Doa Harian

DOA MEMOHON AMPUNAN DAN RAHMAT ALLAH

"Robbanaa dholamnaa anfusanaa wa ilam taghfirlanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal khaasirin"

"Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi".
(QS; 7; Al A'raaf; 23)

Jadwal Shalat



Kalendar Islam

Hari-hari Penting Islam 2014
__________________
Hari-hari Penting Islam 2014

Maulid Nabi (12 Rabiul 1 1435):
13 Januari 2014
Isra' Mi'raj (27 Rajab 1435):
26 Mei 2014
Ramadhan mulai (1 Ramadhan 1435):
28 Juni 2014
Idul Fitri (1 Syawwal 1435):

28 Juli 2014
Idul Adha (10 Dz-Hijjah 1435):

4 Oktober 2014
Tahun Baru Islam (1 Muharram 1436):
25 Oktober 2014
Asyura (10 Muharram 1436):
3 November 2014

Kata-kata Hikmah

Tidak akan terputus rejeki seseorang selama ia tidak meninggalkan doa kepada kedua orang tuanya. Yakini itu dengan keimanan.

Mutiara Hadist

Sesungguh-nya puasa dan bacaan Al Quran memberikan syafaat kepada pelakunya pada hari kiamat - Hadist riwayat Ahmad -

Tausiyah Singkat

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.”
(HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470).

Baca & Doa Selengkapnya'

Kata Ustadz

Yusuf Mansur Network

PAKAIAN SHALAT PAKAIAN KEHIDUPAN - Wahai saudariku, ketika engkau mendirikan shalat menghadap Allah swt tentu engkau berpakaian lebar dan panjang. Engkau tentu tidak berani berpakaian ketat dan pendek. Engkau tentu tidak berani menampakkan sebagian atau seluruh bagian auratmu, atau menampakkan bentuk lekuk-lekuk tubuhmu. Demikian juga halnya di dalam kehidupan sehari-hari di luar (selain) shalat, tentu engkau pasti tidak berani menentang Allah dan Rasul-Nya. Engkau tahu dan paham, ajaran Islam termasuk cara berbusana tidak hanya diamalkan ketika shalat saja, tapi harus diamalkan dalam segala aktivitas kehidupan. Kata Ustadz Selengkpanya'

Yang Bersilaturahmi

  • 269,756 hits

Tausiyah Islami lewat email

Bergabunglah dengan 836 pengikut lainnya.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 836 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: